8/18/2017

Ebook: Kunci Kebahagiaan Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Ebook: Kunci Kebahagiaan Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah - Buku inimerupakan terjemahan dari kitab aslinya yang berjudul Miftahu Daar as-Sa’adah merupakan salah satu karya seorang pengarang besar yaitu Ibnu Qayyim al-Jauziyyah.



Karya yang sarat dengan faedah, ilmu, dan nasehat-nasehat yang banyak diambil oleh para ulama sesudahnya, dipelajari para ahli fikih, dan disinggung oleh para khatib dalam khutbahnya.

Karya ini merupakan tulisan yang cukup besar di antara tulisannya yang lainnya. Dia berbicara secara detail tentang rahasia Allah dalam menurunkan Adam ke bumi, setelah dikeluarkan dari surga-Nya, serta menjelaskan tentang surga yang dihuni oleh Adam. Dia seorang mufassir besar ketika bicara masalah tafsir.


Dalam karya ini beliau memperlihatkan kecerdasannya ketika memberikan penafsiran tentang ayat-ayat Allah dalam surat Thaha yang berkaitan dengan masalah Adam dan keturunannya, membedah tempat kebahagiaan hakiki (surga) dalam kitab yang ia namakan dengan itu, berbicara tentang kebahagiaan yang datang karena ilmu, dan kehendak serta berbagai macam keutamaan dan kemuliaan ilmu tersebut, bahwasanya ia lebih utama dibanding dengan harta dan argumentasi yang sangat memukau. 

Ibnu Qayyim masuk juga membahas bahasan penting lainnya, tentang penciptaan manusia, penciptaan alam, bintang gemintang, dan penciptaan bumi, serta membongkar rahasia diciptakannya neraka.


Kemudian beliau membahas berbagai hikmah diciptakannya bermacam-macam makanan pokok, buah-buahan, dan dedaunan. Juga keajaiban-keajaiban yang terjadi pada berbagai makhluk ciptaan Allah, baik itu manusia, hewan, maupun keajaiban alam lainnya. Dia mengkhususkan bahasan tentang kondisi hamba ketika menghadap Allah, dia bahas secara detail, sebuah bahasan yang tidak kami temukan dalam tulisan lainnya.

Semoga Allah memberikan keikhlasan bagi penulis, dan tulisannya dapat bermanfaat bagi kaum muslimin. Sesungguhnya tiada daya dan upaya serta kekuatan kecuali karena Allah.


Sampai jumpa pada postingan selanjutnya...

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments

Jangan cuma baca tapi komentar juga
EmoticonEmoticon